Selasa, 17 Juni 2014

iPhone 4 Mati Suri karena iTunes Error Bahkan 10 tempat service, Reseller iPhonne di Surabaya, Teknisinya menyerahh..!!!

iPhone 4 anak saya mati suri gara – gara terjatuh dari tempat tidur kalau di hitung mulai sekarang hampir 1 bulan lebih. Namanya anak maunya secepatnya diperbaiki. Lalu saya bawa ketempat Reseller Apple Plasa Marina Surabaya, disana saya dilayani oleh teknisinya, setelah dicoba di restore gak berhasil, lalu disarankan untuk ganti Power IC seharga 1 Juta (Pemesanan 2 Minggu) namun saya tidak menyetujui karena kondisi iPhone masih bisa nyala. Saya coba ditempat service Apple dilantai bawahnya. Hasilnya sama gagal me-restore. mereka bilang gak bisa. Akhirnya saya bawa pulang.


Karena kesibukan pekerjaan, kurang lebih sebulan kemudian baru hunting kembali mencari tempat service iPhone. Yang saya datangi pertama di jalan Bintoro hasilnya sama restore nya gagal juga, bahkan dia bilang disini juga ada dengan kasus kerusakan yang sama dengan punya saya, lalu saya disarankan di tempat service dijalan Arjuno, mungkin masih berlaku garansinya. Disana mereka sanggup memperbaiki tapi barang harus dikirim/di Cek di Jakarta selesainya 1 bulan dengan alasan gak punya teknisi. Saya keberatan karena masalah software aja sampai harus ke Jakarta.

Lalu saya lanjutkan ke WTC pusat reseller hp terbesar di Surabaya. Sampai disana ternyata service Apple resmi gak ada, yang ada tempat service pada umumnya. Daripada gak ada hasil saya mencoba untuk service di tempat tersebut. Setelah di cek katanya sanggup memperbaiki dan dibuatkan nota. Setelah 1 jam menunggu hasilnya sama “GAGAL TOTAL” Gan...!!! Solusinya Baterai harus di ganti.. baru bisa di perbaiki.  Saya gak setuju karena baterai baru saya ganti. Akhirnya pulang tanpa hasil.

Satu minggu kemudian saya bawa ke HiTech Mall salah satu pusat reseller IT terbesar di Surabaya, Saya datangi tempat service spesialis Apple dan reseller Apple, hasilnya sama 3 tempat tersebut tidak sanggup karena ada tulisan iTunes Error 2001.

Meskipun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan namun, saya dapat pengetahuan baru mengenai apa itu iTunes dan iOS terbaru. Akhirnya saya kontak kerabat dekat saya kebetulan punya Counter HP + Servive di Mojoagung namanya Ajay Cell untuk di download kan File ipsw iOS 7.1, iPhone 4.  Setelah dapat masih saya simpan dulu sambil browsing mengumpulkan artikel kasus “iTunes Error” maklum baru mengenal ( masih awam).

Tidak beberapa lama saya mencoba sekalian mempelajari contentnya (Masih Trial) Kemudian saya siapkan Aplikasi iTunes 11.2 dan perangkat iPhone saya colokkan ke USB mencoba merestore sendiri dan hasilnya "An unknown error occurred (21)".

Saya Browsing lagi menemukan artikel iTunes error 21..!! Solusinya ada yang mengharuskan  ganti baterai baru. Akhirnya saya datang ke tempat Reseller Apple Plasa Marina Surabaya untuk menanyakan berlakunya garansi baterai sekalian dicoba untuk di-restore lagi (Teknisinya beda dengan yang pertama) dan hasilnya sama tulisan iTunes ERROR 2001 kemudian saya disarankan ketempat service dilantai bawahnya. Begitu di tangani (2 Teknisi, tapi beda dengan yang pertama) hasilnya sama gak berhasil juga masih ada tulisan iTunes Error.., Lalu teknisinya bilang harus ganti baterai..!! 
Saya jawab boleh, silakan dengan catatan bisa diperbaiki. Setelah menunggu hampir 1 jam ternyata hasilnya tetap gak bisa juga ..!! Lalu solusinya apa,,?? Dia bilang mungkin Mesinnya Rusakk..!! disini gak ready. Wah ini jawaban paling Ekstrem Gan ..!!

Dengan perasaan kecewa, sedih lebih baik pulang aja, paling ditempat service dan reseller Apple lainnya hasilnya sama. (Maaf mulai Apatis)

Berarti solusi yang terbaik adalah diperbaiki sendiri Gan..!! Meskipun dengan  pengetahuan serba terbatas dan gak paham mengenal “iTunes Error”.

Lalu saya memberanikan diri untuk memperbaiki dan mencari kebenaran jawaban kerusakan iTunes ERROR pada iPhone anak saya Gan..!!! 
Saya yakin ini hanya kerusakan Software karena saya sempat melihat design komposisi hardware iPhone yang dibongkar.

PROSES PEMULIHAN iPhone 4  iTunes ERROR

Saya pakai Dell Intel Celeron R CPU B815 dengan Ram 2 Gg, Windows 7 Home Premium 32 – bit, Connetc Router Wifi + Modem dengan berlangganan unlimited 50 ribuan aja. (itupun 3 hari lagi habis masa tenggangnya dan, kecepatan download paling tinggi di kisaran 11 kbbs alias serba pas2an semua persiapannya).

Saya mengambil update iOS yang menggunakan cara Manual dengan pertimbangan File ipsw (iOS 7.1) bisa saya simpan di folder Laptop saya.  Kalaupun koneksi internet putus untuk mengulangnya ( Restore )  tidak membutuhkan waktu yang lama karena masih punya file iOS tadi. Dan lagi tidak butuh koneksi internet cepat.

Cara Update iOS 7.1 via Manual :  File ipsw (iOS 7.1) download terpisah dan tidak download melalui iTunes. tapi menggunakan iTunes untuk memperbaharui iDevice anda. Setelah File ipsw selesai anda download, sambungkan idevice anda ke PC dan Buka iTunes. Tekan Tombol Shift + Restore untuk Windows dan Option + Restore untuk Mac OS X, akan muncul tampilan jedela pop up untuk mencari file, Pilh iOS 7.1 iPSW

Obsi Pertama :

Saya siapkan File iOS 7.1 dan iTunes versi. 11.2 (Pakai cara Manual)
Hubungkan perangkat (iPhone) Anda ke PC melalui kabel USB dan mulai membuka iTunes. Tahan Home + tombol Power selama 10 detik. Setelah 10 detik lepaskan tombol power off, tapi tetap tombol Home ditekan sampai iTunes perangkat kecil dalam modus pemulihan Anda temukan di sana. (Lihat Gambar)

Tekan Tombol Shift + Restore dan temukan folder iOS yang sudah tersimpan di PC sebelumnya.


Namun hasilnya tetap Error iTunes..... !! (Maaf angkanya Lupa)

Obsi Kedua :

Caranya sama Cuma harus menuliskan IP 74.208.105.171 gs.apple.com
Directori: c:\windows\system32\drivers\etc\hosts untuk Windows. (Lihat Gambar)
 

`Setelah Selesai Mengedit Silahkan CTLR + S, Untuk melakukan save pada hasil edit pada file HOST
Hubungkan perangkat (iPhone) Anda ke PC melalui kabel USB dan mulai membuka iTunes. Tahan Home + tombol Power selama 10 detik. Setelah 10 detik lepaskan tombol power off, tapi tetap tombol Home ditekan sampai iTunes perangkat kecil dalam modus pemulihan Anda temukan disana. 
jika anda melakukan ini semua dengan benar dan waktu yang tepat maka akan muncul pesan dari iTunes seperti ini


Silakan Upadate/Restore iOS perangkat anda


Hasilnya An Unknown error occurred (3004)...!!! (Lihat Gambar)


Error 3004
> No internet connection during the firmware restore.
> iTunes can't connect to gs.apple.com. Maybe Port 80 and Port 443 is blocked. Open it on your router.( silakan diartikan sendiri)

Lalu IP 74.208.105.171 gs.apple.com Saya hapus dan saya CTLR + S lagi supaya laptop saya kalau restart biar berjalan normal.

Obsi Ketiga :

Obsi ketiga ini mulai ada titik terang dan hasil restore iOS mulai bisa jalan meskipun iPhone sudah restart tapi gambar tidak muncul tetap saya ulang lagi restorenya.

Perhatikan  langkah berikut untuk mengatasinya:
  1. Buka command prompt dengan cara klik kanan pilih Run as administrator;
  2. Ketik ipconfig /flushdns kemudian tekan Enter;
  3. Langkah selanjutnya, pastikan iPhone dalam DFU mode, hubungkan dengan iTunes, kemudian restore ulang file ipsw iOS 7.1
Selanjutnya hasilnya ”SUKSES BERHASIL” dengan muncul pertama menu wifi dengan sedikit mengikuti perintah di iPhone bisa menemukan  APLIKASI MENU (Lihat Gambar)


Ternyata dalam waktu 1 Jam Proses (R & D) dengan cara Trial And Error di ikuti pengetahuan serba terbatas, iPhone 4 anak saya “Hidup Kembali” dan tidak Mati Suri lagi.

Terima kasih sumbangan tulisan artikelnya Gan...!!  termasuk semua teknisi iPhone yang pernah memberikan pelayanan pada saya walaupun dengan hasil tidak memuaskan dan kurang jelas. 

Ternyata kerusakannya hanya software bukan Power IC, baterai, apalagi Mesinnya rusak, dan gak perlu dikirim ke Jakarta yang membutuhkan waktu 1 Bulan.

Asumsi saya bisa jadi (Teknisi ) hanya kurang berani inovasi, kreatif, mudah menyerah dan lebih suka pekerjaan yang sudah siap (monoton)  dan kurang percaya diri. Sayang kalau kemampuannya gak bisa berkembang. Mumpung masih muda carilah pengetahuan sebanyak2nya.

Mohon maaf kepada semua yang membaca artikel ini bukan saya meng - eksplor masalah saya dan saya hanya mencari jawaban kebenaran sejelas2nya. (Survey terbukti)

Kalau sekiranya tulisan artikel saya membingungkan sebenarnya saya sendiri juga bingung karena bukan orang IT atau teknisi iPhone.  Bisa jadi kebetulan bisa..!! Yang terpenting iPhone 4 anak saya bisa dipakai kembali. Dan ”SUKSES”


Regards,

Antony, SPsi



 



`


Reaksi:

49 komentar:

nice info Gan... saya punya kasus yg sama, error terakhir yg saya dapat error occured 3004, cuma saya baru mau pakai opsi ke 3 tp layar iphone saya tidak bisa DFU, (cuma restore mode aja).

Bang ganti batrai iphone agan kena berapa

Dengan segala hormat saya sangat berterima kasih atas ilmu yg saudara tuangkan dalam blog saudara. Saya yg juga hampir putus asa karena Iphone 5 saya selalu gagal dalam melakukan restore. sangat membantu. Terima kasih sekali lagi ya pak. sangat mudah dipahami dan hampir serupa sama yg saya rasakan. Sekarang Iphone 5 saya berhasil kembali seperti sedia kala

Dengan segala hormat saya sangat berterima kasih atas ilmu yg saudara tuangkan dalam blog saudara. Saya yg juga hampir putus asa karena Iphone 5 saya selalu gagal dalam melakukan restore. sangat membantu. Terima kasih sekali lagi ya pak. sangat mudah dipahami dan hampir serupa sama yg saya rasakan. Sekarang Iphone 5 saya berhasil kembali seperti sedia kala

Keren gan, saya juga mengalami hal yang sama seperti agan, saya mau mencobanya tetapi saya kurang jelas dengan langkah yang terakhir tadi. Mohon pencerahan...

Saya punya iphone 5 kyak gtu...bsa dibenerin nggak ya ?

Saya punya iphone 5 kyak gtu...bsa dibenerin nggak ya ?

command prompt nya dimana ini gan?

gan, barangkali bisa bertemu dan membenahi iphone saya yang stuck juga. saya benar tidak begitu paham dengan IT ini :(

selamat pagi, saya mengalami kejadian aneh pada iphone 4 saya juga.
awalnya permasalahannya ada di boot loop dimana iphone stuck pada logo apple.
kedua saya mencoba merestore nya namun terus menerus menunjukkan eror (-1)
saya sudah menggunakan snowbreeze untuk merestore tp tetap saja tidak bisa. yang terakhir saya mencoba cara bapak tapi selalu muncul eror (3914) mohon bantuannya

work. SUKSES terimakasih pak :D

om aku juga kayak gitu sama kayak yg dialami anak om.. boleh kasih tips nya lebih jelas ga om? soalnya tips om kurang saya ngerti.. plis bgt om aku pgn cepet2 iphone aku pulih kembali terimakasih:)

pak iphone saya sama yang dialami iphone sama bapak.. kalo bapak masih inget, saya boleh minta trik2 nya yg lebih jelas dan dapat di mengerti? soalnya saya kurang mengerti dan ingin iphone saya cepat cepat pulih kembali:( kalo bapak bisa ngasih tau trik lebih jelas lagi kirim ke email saya ya pak: sasafrisas@yahoo.com terima kasih banyak pak:):)

dalam hal ini "Asumsi saya bisa jadi (Teknisi ) hanya kurang berani inovasi, kreatif, mudah menyerah dan lebih suka pekerjaan yang sudah siap (monoton) dan kurang percaya diri. Sayang kalau kemampuannya gak bisa berkembang. Mumpung masih muda carilah pengetahuan sebanyak2nya."

saya tidak sependapat dengan bapak, alsan bapak terlalu arogan, bagaimana bisa teknisi bisa RnD kl bapak kesusu tungguin iPhone harus bisa diperbaiki saat itu juga ? pekerjaan teknisi bukan punya bapak saja, smua org punya kebiasaan sama seperti bapak. tidak sabaran, pengen brgny didahulukan, kalau bisa cepat selesai.

mulai Agustus ini Expert teknisi China khusus untuk Barang Apple seperti iPad dan iPhone
bisa anda bawa kemari pengerjaan bisa di tunggu dan tidak akan menyesal
telpon: 031 99013525 website: surabaya.zapplerepair.com

buset lengkap amat kronologisnya... btw sya punya 2 iphone yg satu 4 32GB & 4s 32GB... keduanya stuck Itunes... udh pake cara terakhir (sblum baca artikel ini udh tau) tapi tetep ga berhasil tuh... kira2 diapain lagi yah selain dijual ?? :)

Numpang nanya bro
Iphone 4 saya itunes-error
sama seperti gambar itunes-error-21.jpg anada
apakah sama caranya dengan masalah anda ?

Numpang nanya bro
Iphone 4 saya itunes-error
sama seperti gambar itunes-error-21.jpg anada
apakah sama caranya dengan masalah anda ?

Numpang nanya bro
Iphone 4 saya itunes-error
sama seperti gambar itunes-error-21.jpg anada
apakah sama caranya dengan masalah anda ?

mengalami hal yang sama om. cuma bingung selalu error 21..

Terimakasih Om atas informasinya... opsi yang ketiga belum pernah saya coba, terakhir saya mendapatkan kode error 9, saya akan mencoba opsi yang ketiga, mudah2n bisa jadi pencerahan atas mati suri alias stuck di logo red itunes iphone 4s saya... jika sudah sukses atau masih menemukan kendala, saya akan posting komentar lagi..

bestregards..
ciputat room

Wah ini nih yang gua cari cari bang. gilaaak hebat banget.
kalo ip4 gua gabisa nyala, stuck dilogo itunes yang ada chargerannya. abis itu baru logo ip jalan tapi pas hampir finish malah mati. nanti dicoba deh saran dari elu.
terima kasih bang infonya.

Wah ini nih yang gua cari cari bang. gilaaak hebat banget.
kalo ip4 gua gabisa nyala, stuck dilogo itunes yang ada chargerannya. abis itu baru logo ip jalan tapi pas hampir finish malah mati. nanti dicoba deh saran dari elu.
terima kasih bang infonya.

Wah ini nih yang gua cari cari bang. gilaaak hebat banget.
kalo ip4 gua gabisa nyala, stuck dilogo itunes yang ada chargerannya. abis itu baru logo ip jalan tapi pas hampir finish malah mati. nanti dicoba deh saran dari elu.
terima kasih bang infonya.

Wah ini nih yang gua cari cari bang. gilaaak hebat banget.
kalo ip4 gua gabisa nyala, stuck dilogo itunes yang ada chargerannya. abis itu baru logo ip jalan tapi pas hampir finish malah mati. nanti dicoba deh saran dari elu.
terima kasih bang infonya.

apa saya bisa minta tolong pak.. kasus dan iphone saya sama sperti anak bapak. tp sluruh srvc di sby bilangnya krn ic powernya.. dan tdk ada yg sanggup memperbaiki. apa bapak sangggup menangani iphone saya. trims

pak iphone saya mengalami itunes error 50. sudah semua tempat service saya datangi, tapi tidak ada solusi pak. apakah bapak ada solusi ?? terimakasih pak

pak saya menggunakan ip5 ios 9.1, ip saya mengalami masalah itunes error 50 pada saat pemulihan, saya sudah coba bawa ke berbagai tenpat service, tetapi tidak ada solusi, apakah bapak ada solusi ? mohon bantuannya pak. terimakasih

yaaah telat buka blognya, Iphone 4s saya mati total dan saya garansikan, dari counter di daerah saya langsung mengirimnya ke Apple center di jakarta dan udah 3 bulan lebih belum jadi sampe sekarang. so long!

Bro hp saya juga mati total saya udah coba tekan tombol power + home 10 detik trus lanjut tekan tombol home tapi gak mau juga nyala,kira2 bisa bantu gak baikin hp saya

Bro hp saya juga mati total saya udah coba tekan tombol power + home 10 detik trus lanjut tekan tombol home tapi gak mau juga nyala,kira2 bisa bantu gak baikin hp saya

Bro saya udah coba semua langkah di atas buat munculin itunes tapi gak muncul2 bro tulisanya padahal saya udah sambubgkan ke notebook saya trus udah tekan tombol power + home bersamaan trus lanjut tekan tombol home tapi nasih gak bisa nyala bro,kira2 ada solusi gak buat hp sayaa toloongg bgt yaa bro

Bro saya udah coba semua langkah di atas buat munculin itunes tapi gak muncul2 bro tulisanya padahal saya udah sambubgkan ke notebook saya trus udah tekan tombol power + home bersamaan trus lanjut tekan tombol home tapi nasih gak bisa nyala bro,kira2 ada solusi gak buat hp sayaa toloongg bgt yaa bro

Ane frustasi ni sama ipon restore gagal trus. Error 52,
Ane udh coba di 3 pc .gagal
Ane coba instal reinstal itunes bbrp kali gagal.
Juga ane ampe reinstal ulang windows biar bersih. Tp masih aja hasil nya nihil.
Itunes gagal ane coba restore pake wondershare dr fone masih failed.
Dan akhirnya bangkai itu iphone 5 ane .

Sebenernya masalah apa sih gan dengan kata kunci unknow error 52 ?
Yg tau silahkan berbagi pengalaman thanks.

saya udah coba semuanya tp tetep saja gk bisa, bootlop cuma gara-gara upgrade versi
mungkin dari bapak bisa kasih solusi supaya hp saya bisa normal lagi
thanks

saya udah coba semuanya tp tetep saja gk bisa, bootlop cuma gara-gara upgrade versi
mungkin dari bapak bisa kasih solusi supaya hp saya bisa normal lagi
thanks

saya udah coba semuanya tp tetep saja gk bisa, bootlop cuma gara-gara upgrade versi
mungkin dari bapak bisa kasih solusi supaya hp saya bisa normal lagi
thanks

Misi gan, minta solusinya dunk.. iphone sy 4s 16gb kmarin karna lemot sy restore data via itunes, pas akhir restore loading trus muncul usb + itunes, sy coba restore lg gak bisa2, muncul tulisan error 27 terkadang restore udh mau berakhir eh.. gagal trus kadang muncul error 3...
Kata counter beda2.. ada yg bilang rusak ic baseband nya, ada yg bilang ganti hardware.. macem2 gan.. semua trik di google juga udh dilakuin, tp hasilnya nihil.. kiranya ada yg bisa bantu.. makasih broo semua

Misi gan, minta solusinya dunk.. iphone sy 4s 16gb ios 9.2.1 kmarin karna lemot sy restore data via itunes, pas akhir restore loading trus muncul usb + itunes, sy coba restore lg gak bisa2, muncul tulisan error 27 terkadang restore udh mau berakhir eh.. gagal trus kadang muncul error 3...
Kata counter beda2.. ada yg bilang rusak ic baseband nya, ada yg bilang ganti hardware.. macem2 gan.. semua trik di google juga udh dilakuin, tp hasilnya nihil.. kiranya ada yg bisa bantu.. makasih broo semua

Maaf gan mau nanya nih iphone 5 s saya muncul error (46) pada itunes saat merestore firmware .apa ada solusi makasih

Cara Memperbaiki iPhone 6 lcd berbayang bernoda bergaris

http://zapplerepair.com/memperbaiki-iPhone6-lcd-berbayang-bernoda-bergaris.html

Cara Memperbaiki iPhone 6 lcd berbayang bernoda bergaris

http://zapplerepair.com/memperbaiki-iPhone6-lcd-berbayang-bernoda-bergaris.html

pak, kalo error 9 solusinya gimana ya? trims

pak, kalo error 9 solusinya gimana ya?

pak, kalo error 9 solusinya gimana ya?

Mba numpang tanya apa berhasil dgn cara diatas?saya juga sama kaya mba kesalahan eror 1