Minggu, 12 Desember 2010

KASUS SINDROM KEPRIBADIAN GANDA KARENA “MAKHLUK JIN” IKUT BERPERAN DI DALAM TUBUH MANUSIA

By Antony, SPsi

Sesungguhnya setan dan iblis merupakan manifestasi dari SIFAT JALAL ALLAH, yang secara tidak langsung mendapat perintah ALLAH untuk menguji keimanan manusia di dunia. Ujian Keimanan ini terus berlangsung setiap saat sampai menjelang ajal sekalipun, pada saat manusia dalam sakaratul maut. Bila kita lengah, maka kita akan jatuh ketangan setan dan iblis.

Perhatikan cuplikan Kisah nyata Billy Tulisan Daniel Keyes yang muncul di era 80-an.
24 Alter ego

Kisah nyata Billy jelas akan menyedot konsentrasi, karena lompatan 24
nama tokoh alter ego bisa timbul tiba-tiba, kapan pun, di mana pun.
Namun, lebih jauh dari itu, kisah Billy sang psikotis yang piawai melukis
ini telah menyeret realitas kehidupan sosial negara adidaya dengan segala
implikasinya.

Billy lahir dan dibesarkan dalam keluarga submarginal yang terseok-seok
bertahan dalam tekanan ekonomi dan liberalisme budaya. Keadaan makin
buruk bagi Billy ketika ia menjadi korban perilaku seksual menyimpang
saat usianya masih sangat belia.

Berikut adalah beberapa kepribadian yang menghuni sosok Billy:
Antara lain, Philip, penjahat kelas teri. Kevin, otak sebuah perampokan toko obat. April, wanita dengan satu ambisi membunuh ayah tiri Billy. Adalana, lesbian kesepian dan haus cinta, ia memakai tubuh Billy dalam pemerkosaan yang menyebabkan Billy ditangkap.

David, anak lelaki 8 tahun, si penanggung rasa nyeri. Ragen, berbahasa Serbo-Kroasia, dan sang guru Billy sendiri digambarkan sebagai lelaki muda yang tersiksa, amnesia, dan kerap menemukan dunianya terpecah-belah dan menakutkan. Billy tak memiliki kendali atas tindakan pribadi-pribadi lain yang bersemayam dalam dirinya.

Billy Milligan ditangkap dan dijebloskan ke penjara karena penculikan dan
pemerkosaan tiga wanita di kampus Ohio State University. Namun kemudian,
atas dasar alasan kegilaan, pengadilan membebaskannya.

Hingga kini, kabar terakhir dari Billy Milligan nyaris tak terdeteksi.
Billy terakhir kali memberikan pernyataan pada publik melalui situs
tersebut dengan mengkritik keras sistem perawatan di sejumlah institusi
kesehatan jiwa milik pemerintah AS.

Ia tak menyebutkan apakah kepribadian-kepribadian dalam dirinya telah
menyatu. Namun, dalam babak-babak terakhir tulisan Keyes terungkap bahwa
Billy masih berjuang keras meraih dan menyatukan potongan-potongan
jiwanya dengan terapi psikiatris.

Billy juga mengkritik keras sikap psikiatris di negerinya yang tak pernah
tuntas menyelesaikan masalah kepribadian ganda. Puluhan hingga ratusan
pasien kepribadian ganda malah menjadi komoditas penangguk keuntungan.
Rumah sakit dan dokter dianggapnya membebankan biaya perawatan yang tak wajar.

KEPRIBADIAN ganda, hingga kini masih menjadi rahasia terbesar dunia
psikiatri. Teori ilmiah yang dicoba dirangkai untuk menjelaskan fenomena
ini sering kali berbenturan dengan fakta di luar jangkauan akal sehat.
Setelah Sybil, guru taman kanak-kanak dengan 16 kepribadian mengguncang
dunia pada era 70-an, tak banyak literatur ilmiah populer yang mengungkap
fenomena kepribadian ganda. Tulisan Daniel Keyes yang muncul di era 80-an
ini kemudian memberikan banyak pencerahan.
24 Wajah Billy telah mengguncang Amerika, bukan hanya di kalangan ilmu
jiwa melainkan juga masyarakat awam. Kisah kriminal yang dilakukan pria
dengan 24 kepribadian ini serta politisasi proses penyembuhan Billy
menjadi nilai tambah yang tidak diperoleh dalam Sybil.


Kepribadian Ganda (Dissociative Identity Disorder/Multiple Identity Disorder atau dikenal juga dengan sebutan alter ego)

Merupakan salah satu kondisi psikis dimana dalam diri seseorang terdapat dua(banyak) kepribadian yang tidak saling berhubungan dan salah satu kepribadian tersebut aktif pada saat yang tidak bersamaan dengan pribadi yang lainnya dalam diri orang tersebut. Pribadi yang macam-macam itu bisa bertolak belakang sekali sifatnya. Ada yang pribadinya satu penyayang dan pengayom tapi pribadi satunya lagi bengis dan kejam. Ada pribadi yang satunya tegar dan berwibawa tetapi pribadi yang lainnya cengeng dan penakut. Macam2 deh pokoknya......Film-film yang memuat kisah DID tidak sedikit jumlahnya semisal Sybil (kisah nyata), Psycho, Secret Window, I'm not there, atau yang paling ekstrim yah Identity.

Tentu saja masalah kepribadian ganda/DID ini sampai saat ini masih kontroversial , walaupun sudah berbagai teori, artikel, penelitian dan pengujian baik secara ilmiah maupun spiritual dilakukan sejak abad 17. Berbagai teori muncul dan gugur, bahkan oleh empunya penggagas teori DID macam John Locke sekalipun sampai saat ini hanyalah 'teori'. Kalau contoh2 pasien penderita DID ini sih udah banyak, ada yang menyebutkan kalau pasien2 DID yang selama ini dirawat hanyalah aktor watak semata tapi tidak sedikit yang mempercayai kondisi psikis ini bener adanya.

Ada dua teori DID paling hangat dibahas:

1. Teori DID pada umumnya menyatakan biasanya pada saat pribadi yang satu aktif maka pribadi pasifnya akan serasa mengalami 'blackout' dan tidak bisa mengontrol atau mengetahui apa yang dikerjakan oleh pribadi yang aktifnya selama dia pasif.
Mungkinkah orang yang suka pelupa salah satu penderita DID ringan?

2. Ada teori yang lebih menarik menyatakan kalau sebenarnya identity2 dalam seorang penderita DID itu paralel aktif pada saat yang sama. Hanya saja pribadi yang lebih 'dominan' bisa mengontrol pribadi yang 'kurang dominan'. Lambat laun pribadi yang 'kurang dominan' itu akan semakin memudar kuasanya dan akhirnya hilang sama sekali sehingga diri seseorang itu in the end dikuasai total oleh pribadi yang dominan tersebut. Hmmm....interesting.

Mungkinkan orang yang suka bicara-bicara sendiri artinya kedua alter egonya sedang berinteraksi/berkonfrontasi?


AL- GHOIB

Adapun makna ghoib , mencakup semua apa yang tidak dilihat oleh manusia seperti Allah , Malaikat, Hari Akhir, Syurga, Neraka, Qadha dan Qadar , Jin dan lain-lainnya.
Menurut pengertian ini, maka makna : ” beriman dengan ghoib ” yaitu beriman kepada Allah dengan hati dan keikhlasan, karena hati dan keikhlasan tersebut termasuk sesuatu yang ghoib dan tidak nampak di hadapan manusia. Oleh karenanya, orang- orang munafik tidak termasuk golongan orang- orang yang beriman dengan al ghoib, karena mereka mengaku beriman dengan lisannya saja, tetapi hatinya mengingkari dan mengkafirinya.

” Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” ( QS Al Israa’ : 82 )


Dari ayat di atas memberikan pesan kepada kita bahwa seorang muslim yang tidak bisa merasakan atau menikmati petunjuk di dalam Al Qur’an, sebagai penerang dan obor di dalam menghadapi berbagai tantangan di dalam kehidupan dunia ini, maka dapat dipastikan bahwa keimanan dan ketaqwaannya berada dalam kadar yang rendah. Oleh karenanya, dia harus senantiasa memperbaharui keimanan dan ketaqwaannya, dia harus berusaha sekuat mungkin untuk merubah hatinya agar luluh dan lunak dengan ayat- ayat Al Qur’an.


JIN DAN MANUSIA

Jin dan manusia yang dua makhluq Allah yang dibebani dengan syariat agama, sehingga dikenai pahala dan siksa. Semua jin bisa meninggal dunia kecuali Iblis dan keturunannya yang ditangguhkan kematiannya sampai Hari Kiamat. Iblis dahulunya juga jin tetapi setelah menolak sujud kepada Adam atas perintah Allah, ia beserta keturunannya dilaknat oleh Allah. Jadi Iblis dan keturunannya kafir seluruhnya, berbeda dengan jin yang terdiri atas mukmin dan kafir. Jin yang kafir ini sering juga disebut sebagai syaithan karena memiliki sifat yang serupa. Disamping itu, istilah syaithan juga dipakai untuk manusia yang memiliki sifat-sifat syaithan. Adapun jin yang muslim, sebagaimana manusia, ada yang benar-benar beriman (taat) dan ada pula yang suka berbuat maksiat dan kafir karena mereka diberikan iradah (kehendak) dan hak memilih seperti manusia.

Dan sesungguhnya di antara kami ada jin yang taat dan ada (pula) jin yang menyimpang dari kebenaran. Barangsiapa yang taat, maka mereka itu benar-benar telah memilih jalan yang lurus. Adapun jin yang menyimpang dari kebenaran, maka mereka menjadi kayu api bagi neraka Jahanam. (Al-Jin (72): 14-15).

Syaithan dan jin menikah, makan, dan juga minum. Keduanya tingal di alam yang tidak terlihat oleh manusia, tetapi mereka bisa melihat manusia. Tetapi jika mereka menampakkan diri di alam tampak dalam wujud alam tampak maka manusia bisa melihat mereka.

Syaithan dan jin yang ingkar menyukai tempat-tempat yang kotor dan juga rumah-rumah yang tidak dibacakan Al-Qur’аn didalamnya dan rumah-rumah yang penghuninya tidak pernah berdzikir kepada Allah.

DITIMPAKAN KEPADA MEREKA KEHINAAN DIMANAPUN MEREKA BERADA KECUALI BILA MEREKA MENJAGA HUBUNGAN DENGAN ALLAH DAN HUBUNGAN DENGAN SESAMA MANUSIA ( ALI IMRON 3 : 112 )

ALLAH MEMBIMBING KEPADA CAHAYA-NYA BAGI SIAPA YANG DIA KEHENDAKI (AN NUUR 24 : 35)

ALLAH MENGHENDAKI KEMUDAHAN BAGIMU, DAN TIDAK MENGHENDAKI KESUKARAN BAGIMU (AL BAQARAH 2 : 185)

“Wahai golongan Jin dan Manusia ! Jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru Langit dan Bumi, Maka lintasilah. Kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari ALLAH)” (AR – RAHMAN 55 : 33)

INSYA ALLAH atas Kekuatan dan Ijin ALLAH Kasus Sindrom Kepribadian Ganda bisa terselesaikan dan ada jalan keluar untuk kembali normal.

Yayasan Jagad Buana Jawa Timur -Indonesian

Reaksi:

0 komentar: