Jumat, 12 November 2010

Tubuh Sehat dg Tidur Tanpa Cahaya Lampu



Saat malam hari yang gelap,sesungguhnya tubuh kita berkolaborasi. Hanya saja keadaan yang benar-benar gelap tubuh baru dapat menghasilkan melantonin, salah satu hormon yang dapat di hasilkan dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam Hari - sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon melantonin terhenti.
Biolog Joan Roberts salah seorang ilmuan menemukan rahasia ini setelah melakukan percobaan pada hewan. Ketika hewan diberi cahaya buatan pada malam Hari, melantoninnya menurun dan sistem kekebalan tubuhnya melemah. Rupanya, cahaya Lampu - seperti juga TV - menyebabkan hormon menjadi sangat lelah. Oleh Karena itu, selain menghemat energi, dengan mematikan lampu ketika tidur merupakan cara alami untuk meningkatkan kesehatan tubuh.
Ada beberapa hal yang dapat menggangu tidur Anda :
1. Kafein, nikotin, alkohol. Kafein nikotin yang terlampau banyak dapat menimbulkan kesulitan untuk tidur. Kondisi ini sering dialami oleh peminum kopi, perokok, dan pencandu alkohol.
2. Lingkungan. Dentuman suara musik yang keras, suara pabrik yang berisik, tidur dengan lampu yang menyala terang, akan menyebabkan tidur seseorang menjadi terganggu.
3. Pergantian waktu . Adanya perubahan waktu antara siang dan malam yang mendadak akibat perjalanan dengan pesawat terbang. Ini bisa mengganggu irama sirkadian tubuh manusia.
sumber : vibizlife.com

Reaksi:

0 komentar: